Sabtu, 13 Juni 2009

Air Brand Mejeng di Koran Loh!!!!! ^_^

Sabtu, 13 Juni 2009

Ketik REG SAMPAH, kirim ke '51N1'(Bebas Pulsa)

Membuang sampah sembarangan sepertinya sudah menjadi salah satu kebiasaan buruk bangsa Indonesia. Sudah mendarah daging sejak kakek buyut kita dulu, sehingga susah banget untuk diubah. Nggak heran kalo beberapa daerah dan sudut kota terlihat kotor dan kumuh, lha penduduknya sendiri belum bisa (baca : sadar) menjaga kebersihan. So, segudang pujian dech buat mereka yang masih aware dengan kebersihan lingkungan di sekitarnya.

Berbicara tentang lingkungan, standing applause patut diberikan kepada sobat M-Teens yang tergabung dalam Air Brand advertising community. Mereka, 16 mahasiswa semester dua Jurusan Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan aksi kampanye sosial “Apapun sampahnya buanglah pada tempatnya”, tepat di Hari Lingkungan Hidup sedunia 5 Juni lalu dan berlanjut pada Senin (8/6) dengan menjadikan UMM bebas polusi. Seluruh civitas akademik mulai dari mahasiswa, staf, dosen, hingga rektor dilarang membawa motor dan mobil ke kampus!.
“Intinya, gimana aksi kita ini bisa membuat mahasiswa lain sadar tentang kebersihan,” kata Khoirul Anam, salah satu personel Air Brand.
Lebih lanjut, Ariel –sapaan akrab Khoirul Anam- mengatakan target mereka adalah seluruh mahasiswa UMM. Karena itulah, selama kampanye itu, personel Air Brand menyapa para pejalan kaki dan pengemudi kendraan mulai pukul 06.00. Dengan pakaian merah-merah, sobat M-Teens ini membagikan selebaran tentang imbauan area kampus bebas dari sampah berserakan, asap rokok, dan kendaraan bermotor.
“Wajib bebas polusi memang hari Senin itu, tapi akan lebih baik jika dengan kesadaran sendiri mahasiswa kemudian menerapkan pola hidup sehat ini seterusnya,” tambah mahasiswa asal Banyuwangi ini sembari menyebut program tersebut digelar bekerjasama dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK), lembaga kampus yang bergerak di bidang lingkungan.
Aksi kampanye mereka juga unik banget loh. Imbauan untuk membuang sampah pada tempatnya ditulis dengan gaya gokil dan kreatif. Contohnya, di sebuah kardus tertulis “Ketik: Reg (spasi) Sampah kirim ke 51N1 (bebas pulsa)”, atau pesan “Apapun sampahnya buang pada tempatnya” yang ditulis di poster berbeda dan dibawa oleh beberapa personel untuk menyusunnya menjadi kalimat yang rapi. Agar tidak monoton mereka meneriakkan jargon-jargon itu beserta ucapan 'selamat hari lingkungan hidup' dengan penuh semangat.
Tak heran aksi mereka menarik perhatian mahasiswa lain dan siapapun yang masuk ke kampus termasu Em! yang hari itu sedang melakukan pemotretan di area kampus. Wah, aksi sobat M-Teens ini bener-bener outstanding. Siapa nyusul?.(han/Em!)

Langsung Ambil Sampah

Sobat M-Teens dari Air Brand bukan termasuk member kehormatan NATO alias no action talk only loh. Jadi mereka nggak hanya teriak kencang “buang sampah pada tempatnya” tapi juga melakukan aksi memungut sampah.
Sasaran mereka adalah tempat nongkrong favorit mahasiswa di kampus, karena bisa dipastikan di sana banyak sampah berserakan. “Untuk menyadarkan mahasiswa, tak bisa sebatas kata-kata saja. Makanya kita sengaja mengambil sampah-sampah itu, memberi dan menjadi contoh agar mereka tergerak hatinya untuk ikut. Ini masih termasuk pesan yang ingin disampaikan kepada mahasiswa,” ujar Nasikh Taufik, mahasiswa komunikasi yang turut berpartisipasi juga dalam kegiatan ini.
Tapi ternyata respon mereka mendapat respon berbeda-beda dari mahasiswa. Ada yang menyambut positif, ada juga yang meledek. “Waduh, ada yang malah bilang kalau kita setiap hari aja ngumpulin sampah, ngegantiin cleaning service. Tapi ada juga yang respek kok, bahkan mahasiswa yang lagi nongkrong itu ada yang bantuin kita mengambil sampah, hehehehe,” kata Firda salah satu anggota komunitas.
Sementara itu, terkait dengan kampanye bebas polusi, beberapa mahasiswa mengeluhkan tentang bebas asap kendaraan bermotor dan asap rokok. “Itu berarti mereka tidak boleh menggunakan kendaraan bermotor dan tidak bisa merokok di kampus, itu yang dikeluhkan. Tapi ada juga yang mengatakan kegiatan kami keren, lucu, dan kreatif. Beda dari kampanye-kampanye biasa,” tambahnya.(han/Em!)

(Dikutip dari Malang Post rubrik M-teens, edisi Rabu 10 Juni 2009)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Together! holding hands we'll fall! ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates